badai matahari

Label:



Apa itu badai matahari?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZJctKK74YrF7cTIeV9MxZRMcGGQO0ukk5dvufDvS9VIb2WR-PyFxTnDWcYyV2hQv4-pRkR2hjxhCBMBinmOPLRCOc9c2Wc8Sq6eiOTm5hFqBlu77C26VMMOA33vQrR6BGdwq9H67gaAU/s1600/badai+matahari+2012.jpgTerbentuknya badai matahari ? mungkin itu beberapa pertanyaan yang sering muncul di benak kalian akhir-akhir ini. Badai matahari 2012 memang membuat semua umat manusia ketakutan. Banyak orang yang meramalkan di tahun 2012 ini bumi dan seisinya akan hancur perlahan akibat badai matahari. Tapi semuanya belum dipastikan kebenarannya secara logis dan nyata. Karena kiamat yang tau hanyalah ALLAH semata. So, gak usah takut dengan yang namanya badai matahari ,,,
Badai matahari adalah ledakan dahsyat
di matahari mengirim milyaran ton material
tak bermuatan juga disebut plasma ke luar
angkasa pada kecepatan lebih dari 1 juta mil
 per jam. Dikabarkan bahwa tahun 2012 akan
terjadi badai matahari, badai matahari ini
hanya akan menyebabkan gangguan sinyal
dan listrik. Alat komunikasi akan terganggu
akibat ini.Badai matahari ini  tidak akan
 menyebabkan kehancuran peradaban manusia
walaupun begitu kita harus berhati-hati
Para ilmuwan di universitas George mason telah menemukan sebuah fenomena tali magnetik raksasa yang menyebabkan badai matahari. Mengkonfirmasikan keberadaan formasi ini adalah langkah penting utama untuk meredam dampak yang merusak akibat ledakan badai matahari terhadap satelit komunikasi di bumi.
Penemuan ini dibuat oleh profesor asosiasi jie zhang dan mantan mahasiswanya xin cheng dengan menggunakan gambar-gambar dari pesawat luar angkasa solar dynamic observatory (SDO) NASA.
Meski tali magnetik diyakini menjadi penyebab ledakan raksasa di matahari. Para ilmuwan sebelumnya  tak mampu membuktikan keberadaan fenomena ini karena begitu cepatnya gerakan tali tersebut. Bagaimana pun juga melalui pemeriksaan cermat terhadap gambar-gambar yang diambil teleskop atmospheric imaging assembly (AIA) pada SDO, zhang mampu menunjukkan dengan tepat area matahari  di mana tali magnetik terbentuk. Deretan teleskop AIA mampu menangkap gambar di matahari tiap 10 detik, 24 jam per hari. Tempo yang tak ada duanya ini yang membantu penemuan.
Tali magnetik memicu ledakan matahari. Para ilmuwan telah memperdebatkan apakah tali magnetik ini memang ada atau tidak sebelum ledakan matahari. Saya yakin bahwa hasil observasi  bisa membantu menuntaskan isu kontroversial itu “ kata zhang”
Badai matahari adalah ledakan dahsyat di matahari mengirim milyaran ton material tak bermuatan, juga disebut plasma ke luar angkasa pada kecepatan lebih satu mil per jam. Awan plasma membawa bidang magnetik yang kuat. Saat awan bermagnet itu mencapai bumi sehari atau tiga hari kemudian, sejumlah besar energinya terendapkan ke dalam magnetosfir bumi.
Normalnya, magnetosfir bumi menangkis angin matahai yang rusak dan melindungi lingkunagn. Namun demikian, badai matahari berpotensi mengganggu efek pelindung ini dan menghasilkan beberapa cuaca luar angkasa, yang dampaknya bisa merusak susunan luas sitem tekhnologi, termasuk satelit operasi, komunikasi dan navigasi serta jaringan listrik. Riset zhang ini akan membantu dalam memberikan peringatan dini tentang badai matahari dan membantu meminimalkan kerusakan akibat cuaca luar angkasa di bumi.
Dengan memahami proses ledakan pada badai ini pasti akan membantu kita memprediksinya dengan lebih baik “kata zhang” kita tak bisa mencegah badai matahari, sama seperti kita tak bisa mencegah gempa bumi atau ledakan gunung merapi. Tapi pengembangan kapasitas prediksinya bisa membantu meredam dampak-dampak yang merusak. Misalnya satelit operator  bisa menurunkan tenaga sistem-sistemnya utamanya untuk mencegah sebisa mungkin kerusakan pada sistem.
Secara luas diyakini bahwa bidang-bidang magnetik di matahari berperan penting dalam menyimpan energi dan mendayakan badai matahari. Bagaimanapun juga bentuk pasti garis-garis bidang magnetik yang mengawali ledakan ini sangatlah kontroversial. Sebagian besar garis bidang ini berbentuk setengah melingkar dengan titik-titik kakinya tertanam di atas permukaan matahari. Mereka tak mudah meledak, tapi pada kenyataannya mereka sering berperan dalam mencegah ledakan.
Para ilmuwan menduga bahwa tali magnetik, jika memang ada adalah fenomena yang mendayakan ledakan. Seutas tali magnetik mengandung banyak garis bidang magnetik yang membungkus seputar pusat sumbunya dan kemungkinan saling melilit satu sama lain. Karena lilitan ini, arus listrik yang kuat bisa terbawa oleh tali magnetik. Teorinya, arus listrik ini bisa menghasilkan kekuatan elektro-magnetik yang cukup mendesak kekuatan dari garis-garis bidang lainnya dan mendorong tali magnetik bergerak keluar.
sumber; file:///C:/Users/ALIRIDHO/Documents/dampak-badai-matahari-tahun-2012-2013.html

0 komentar:

Posting Komentar