Model ISP

Label:


ISP Infrastruktur atau Infrastructure ISP, adalah istilah yang menjelaskan bahwa sebuah Penyedia Jasa Internet (atau ISP) juga membangun prasarana fisik bagi sambungan layanannya seperti menyiapkan infrastruktur sambungan kabel, menyiapkan perangkat bagi sambungan internet, mengadakan sambungan secara langsung dengan rekanan ISP (atau peer, baik rekanan lokal maupun internasional upstream ISP) dsb yang secara langsung menghubungkan ISP tersebut dengan pelanggan dan rekanan ISP lainnya.
Penyelenggara ISP Infrastruktur biasanya merupakan sebuah perusahaan jasa telekomunikasi yang sudah mapan (karena faktor kebutuhan permodalan atau dana yang cukup besar untuk persiapan dan pemeliharaan infrastruktur sambungan fisik, dan termasuk faktor penyiapan sumber daya lain seperti sumber daya manusia, listrik, gedung dsb).
Beberapa contoh ISP Infrastruktur di Indonesia adalah :
  • PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkomnet Instan, Telkom Speedy)
  • PT. Indosat Multimedia (IM2)
  • dsb.

ISP Virtual atau Virtual ISP, adalah istilah yang menjelaskan bahwa sebuah ISP tidak memiliki sebagian prasarana fisik bagi layanan sambungan internetnya - melainkan 'meminjam atau menyewa' sebagian infratruktur fisik yang dimiliki oleh ISP Infrastruktur untuk menghubungkan ISP Virtual tersebut kepada pelanggannya dan sambungan ke internet atau rekanan ISP lainnya.
Penyelenggara ISP Virtual ini biasanya adalah ISP kelas pemula yang mencoba mendapatkan pangsa pasar pelanggan internet, sembari mempersiapkan kebutuhan infrastruktur fisik bagi pengembangan dan perbaikan jasa layanan kepada pelanggan dimasa datang.
Pada beberapa kesempatan, bentuk ISP Virtual ini lebih mengarah kepada 'kerjasama operasi atau KSO' antara beberapa ISP kelas pemula, dimana mereka berkolaborasi - bekerja sama membangun infrastruktur fisik secara patungan. Hal ini sangat relevan dari segi efisiensi pembiayaan bila dibandingkan dengan biaya yang harus mereka keluarkan bila meminjam atau menyewa sebagian infrastruktur milik ISP Infrastruktur.

ISP Nirkabel atau Wireless ISP atau WISP, adalah sebuah istilah baru pada dunia penyedia jasa internet yang menjelaskan bahwa sebuah ISP memberikan layanan internetnya kepada pelanggan dengan cara tanpa menggunakan infrastruktur sambungan kabel.



[edit] Istilah pada ISP


[edit] Teknologi dalam ISP

0 komentar:

Posting Komentar